Anda tahu Dominikus Melinggan? Anak sekolah mini berusia 12 tahun dari dusun Kenasau atau Pengerak, kecamatan Jongkong di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum menjadi pemenang yang terpilih dari Konferensi Majalah Anak Tingkat Nasional oleh Majalah Bobo. Dia satu di antara 26 anak dari seluruh Indonesia yang berkesempatan terpilih menjadi pemenang.

Dia terpilih, karena menulis pengalaman tentang air bersih di Danau Sentarum. Dia diminta untuk datang ke Jakarta bersama dengan ibu gurunya Ibu Titin untuk mendampingi selama seminggu pada tanggal 6-12 november 2010. Jadwal mereka adalah pergi ke dufan dan juga ada rencana bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden Repubik Indonesia Pak SBY, sayangnya mereka tidak bisa ketemu karena ada bencana Gunung Merapi di Jogjakarta.

 

Sebenarnya dari Pengerak ada dua orang yang diharapkan bisa memang, tetapi hanya dia yang terpilih. Kami terpikir akan memberikan dia beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Mereka dari keluarga kurang mampu di Danau Sentarum yang masih tetap mempertahankan kehidupan mereka dari pemanfaatan sumberdaya alam dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan.

Kelompok pengerajin perempuan dari dusun ini yang juga orangtua anak ini merupakan kelompok masyarakat binaan Riak Bumi yang memproduksi tikar bemban bermotif tradisional suku Iban yang kualitasnya terbaik di Danau Sentarum. Sekarang ini mereka masuk menjadi Craft Kalimantan Network bersama partner lain NTFP Exchange Program untuk Asia dan Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *