Pernahkan anda mendengar tentang “bemban” (Donax cannaeformis)? Jenis tanaman air ini sepintas lalu seperti rumput biasa yang tak berguna. Namun bagi orang Iban di Danau Sentarum, tanaman bemban ini merupakan tanaman yang sangat berguna sebagai bahan dasar untuk membuat tikar bermotif.

Secara turun temurun anyaman tikar bemban bermotif ini menjadi kebanggaan pengerajin anyaman yang utamanya adalah kaum perempuan. Anyaman tikar bermotif ini hanya digelar pada saat pesta atau upacara adat tertentu. Jika anda berkunjung ke rumah suku Iban mereka menggelar tikar ini untuk anda, maka anda adalah tamu kehormatan mereka.

Motif-motif ini merupakan motif tradisional yang merupakan hasil dari daya cipta si pembuat. Biasanya perempuan penganyam yang mempunyai kemampuan khusus ini terdapat tato “tegulun” dibagian pergelangan tangannya, menandakan kemampuan dan statusnya. Motif-motif ini merupakan gambaran alam, tumbuhan, binatang dan roh-roh nenek moyang. Aslinya motif ini berasal dari daya imajinasi dan mimpi yang mereka percayai dari roh (antu).

Karena kehalusan produk dari bahan bemban yang dihasilkan dari perempuan pengerajin di Danau Sentarum ini telah mendapatkan penghargaan Seal of Excellence oleh UNESCO tahun 2006 yang dinominasikan oleh PT. Pillus Andini Exporindo. www.toodoc.com/bemban-pdf.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *