Penginapan di Lanjak

Mulai September 2018 ini sudah ada tempat penginapan baru di Lanjak. Hal ini mengingat kebutuhan adanya penginapan yang memadai di Lanjak sebagai sebuah destinasi untuk kegiatan Festival Danau Sentarum yang sudah ditetapkan sebagai event nasional yang akan diadakan setiap tahun. Event ini sebagai ajang promosi potensi wisata untuk menarik minat pengunjung domestik dan mancanegara terutama dari Malaysia. Oleh karena itu kami membangun Homestay Menua Empran.

Menua Empran merupakan istilah bahasa Iban yang berarti daerah dataran rendah. Menua Empran adalah istilah yang digunakan oleh suku Iban dibagian Sarawak untuk menyebut suku Iban yang tinggal di wilayah perbatasan Indonesia sebagai sebuah keluarga besar.

Homestay Menua Empran terletak di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat adalah penginapan yang dekat dengan Taman Nasional Danau Sentarum dan Betung Kerihun, kawasan ini merupakan obyek wisata dan telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer. Dekat dengan komplek perkantoran dan puskesmas.

Kami menawarkan penginapan dengan konsep minimalis dan ramah lingkungan, mempunyai fasilitas kamar yang kedap, tersedia meja kerja, gantungan baju dan kipas angin. Kami juga menyediakan dapur mini dan kamar mandi shower beserta toilet dengan pilihan duduk dan jongkok untuk kenyamanan anda. Sumber air langsung dari bukit yang jernih selalu tersedia. Halaman parkir kendaraan yang luas dengan pemandangan bukit dan pepohonan buah-buahan yang asri.

Gambar mungkin berisi: rumah, pohon, tanaman, langit dan luar ruangan

Riak Bumi ke Apimondia 2009 di Prancis

Riak Bumi diwakili oleh Valentinus Heri ikut dalam Apimondia 2009 yang diadakan di Prancis bulan September lalu. Heri mewakili koordinator sekretariat JMHI dan selain itu juga ada Pak Johnny Utama dan Wahyu Widhi dari Dian Niaga Jakarta mewakili sekretariat bagian pemasaran.  Apimondia ini diadakan setiap tiga tahun sekali. Tiga tahun lalu Apimondia diadakan di Australia dimana Heri mewakili JMHI juga untuk pertama kalinya mengikuti acara tersebut.

Mengikuti pertemuan ini merupakan pengalaman yang luar biasa, dimana JMHI mempresentasikan tentang madu hutan apis dorsata, jaringannya, keanggotaannya dan kisah suksesnya dalam membangun jaringan madu hutan di Indonesia. Kita mesti berbangga bahwa madu hutan apis dorsata dipromosikan ke tingkat pertemuan dunia.

Read more: Riak Bumi ke Apimondia 2009 di Prancis

Activities of Riak Bumi 2005

1. National Networking Initiative Meeting of Management and Use of Wild Honeybee (Apis dorsata) in Danau Sentarum National Park, January 2005

This meeting has formulated a national networking of Wild honeybee in Indonesia. This meeting participated by NGO’s and beekeepers from Kalimantan and Southeast Sulawesi. In the meeting, participant also discussed about improving quality of honey and increasing market access to national and international level. And the participants have given mandate to Riak Bumi as secretariat of forest honey networking. This meeting is funded by NC-IUCN.

Read more: Activities of Riak Bumi 2005

Suara Bekakak Edisi IX

Januari - Maret 2006

download link [zip | 650 kb]
(klik kanan mouse > save as) 

Suara Bekakak Edisi VIII

Oktober - Desember 2002

download link [pdf | 837 kb]
(klik kanan mouse > save as)