Riak Bumi ke Apimondia 2009 di Prancis

Riak Bumi diwakili oleh Valentinus Heri ikut dalam Apimondia 2009 yang diadakan di Prancis bulan September lalu. Heri mewakili koordinator sekretariat JMHI dan selain itu juga ada Pak Johnny Utama dan Wahyu Widhi dari Dian Niaga Jakarta mewakili sekretariat bagian pemasaran.  Apimondia ini diadakan setiap tiga tahun sekali. Tiga tahun lalu Apimondia diadakan di Australia dimana Heri mewakili JMHI juga untuk pertama kalinya mengikuti acara tersebut.

Mengikuti pertemuan ini merupakan pengalaman yang luar biasa, dimana JMHI mempresentasikan tentang madu hutan apis dorsata, jaringannya, keanggotaannya dan kisah suksesnya dalam membangun jaringan madu hutan di Indonesia. Kita mesti berbangga bahwa madu hutan apis dorsata dipromosikan ke tingkat pertemuan dunia.

 

Apimondia ada untuk mempromosikan secara ilmu pengetahuan, ekologi, social dan ekonomi tentang pengembangan perlebahan di seluruh negara dan kerjasama dengan asosiasi petani lebah, lembaga peneliti dan perorangan yang terlibat dalam perlebagan di seluruh dunia. Apimondia ini bertujuan untuk bertukar pengalaman dan diskusi melalui seminar, kongres dan seminar dimana para petani, peneliti, pedagang dan pemerintah bertemu mendengarkan diskusi dan belajar satu dengan yang lainnya.