Suara Bekakak Mei 2013

cover suara bekakak juni 2013

Suara Bekakak edisi kedua tahun 2013 kembali hadir dalam bentuk digital dengan mengangkat tema dan kegiatan yang terjadi di kawasan Danau Sentaum periode bulan Maret - Mei 2013. 

Melanjutkan pembahasan mengenai tengkawang yang sudah diulas di edisi pertama. Di edisi kedua kita bisa mengikuti bagaimana workshop minyak tengkawang yang diadakan di Keluin sampai membuat “heboh” dengan kedatangan mesin pemeras minyak tengkawang yang sengaja dibawa dari Pontianak. Belum lagi ketika masyarakat Iban di Keluin juga menunjukan bagaimana pemerasan minyak tengkawang yang mereka lakukan dengan cara tradisional. Bahkan beberapa penghuni rumah panjang Keluin sendiri ternyata banyak yang belum pernah melihat proses memeras minyak tengkawang tersebut. Kami juga mengupas mengenai teknik manual pengolahan minyak tengkawang. 

Kabar baik juga datang melalui mas Leon mengenai perkembangan ekowisata anggrek di Sungai Pelaik.  Di mana menurut mas Leon untuk wisata desa lebih baik ditekankan pada kearifan lokal kembali, bukan  sekedar mengeksploitasi ekonomi dari pariwisata. 

Buku Katalog Motif Tikar Dayak Iban juga memberikan banyak pengalaman yang positif. Bersumber dari pengetahuan lisan masyarakat Iban dan didokumentasikan untuk menjaga kelestarian salah satu kekayaan budaya Iban. Semoga nantinya kebudayaan menganyam tikar tetap bisa kita temui hingga beberapa generasi mendatang.

Tema lain mengenai pentingnya melindungi orangutan yang menjadi tugas kita bersama. Laporan lokakarya Program Penyadaran Orangutan yang melibatkan banyak stakeholder di 3 kecamatan di Kapuas Hulu kami masukan  juga ke dalam edisi kali ini.

Perkembangan kelompok madu hutan di kawasan Danau Sentarum juga membuka peluang baru dalam pengelolaan madu hutan Apis dorsata. 

Semoga edisi kedua ini bisa memberikan informasi yang berguna untuk perkembangan kita semua. Dan menurut informasi musim kemarau sudah hampir tiba ya.. Jaga kondisi sekitar kita supaya bisa terhindar dari kebakaran hutan.

Selamat membaca !!

Untuk edisi digitalnya bisa diunduh langsung dari link ini :

SUARA BEKAKAK - EDISI Mei 2013 - 900 kb. (klik kanan > save as file)
Untuk versi cetaknya silakan menghubungi sekretariat Riak Bumi ya