7-cara-panen-copy

Madu hutan merupakan madu yang diproduksi madu lebah hutan dari jenis apis dorsata. Jenis lebah hutan ini hanya ada di asia dan asia tenggara. Sebagaimana namanya lebah hutan, bahwa lebah ini sangat tergantung dengan kondisi hutan, karena lebah ini mengumpulkan pollen dan nectar dari bunga hutan disekitarnya.

Di Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, lebah h7-cara-panen-copyutan ini sudah dipelihara secara turun temurun. Sistem yang paling populer dari kawasan ini adalah memelihara dengan system “tikung”. Singkatnya sistem tikung ini adalah dengan membuat dahan tiruan untuk lebah. Meskipun ada madu dari pohon tinggi yang disebut lalau di Danau Sentarum, produksi dari tikung paling banyak.

Sekarang ini madu hutan Apis dorsata dari Danau Sentarum merupakan madu hutan terbaik di seluruh Asia dan Asia Tenggara atau bahkan mungkin di seluruh dunia. Mengapa? Karena madu hutan dari Danau Sentarum merupakan madu hutan yang merupakan satu-satunya madu hutan yang pertama kali mendapatkan sertifikat organik, tentu saja bukan hanya asli tapi juga prosesnya menerapkan system panen lestari dan proses paska panen yang higienis.

Lebih dari itu dengan memelihara madu hutan ini masyarakat petani madu menjaga kawasan hutan di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum dari kehancuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *