Yunita Kanca ikut dalam acara Meet the makers ke 15 “Borneo”

Penulis : Valentinus Heri

Meet the Makers adalah sebuah pameran seni kerajinan yang diadakan sekali dalam setahun di Jakarta oleh komunitas seniman, pengrajin dan desainer dari seluruh Indonesia. Kali ini kegiatan Meet the Makers ke-15 yang diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 21-23 Oktober 2022 di PARARA Indonesia Ethical Store Jakarta mengambil tema Borneo.

Beberapa orang pengrajin dari Kalimantan diundang untuk datang untuk mempertunjukan cara membuat kerajinan mereka. Salah satunya adalah Yunita Kancak seorang perempuan Iban pengerajin anyaman tikar bemban (donax canniformis) dari Taman Nasional Danau Sentarum di Dusun Kenerak, Desa Kenasau, Kecamatan Jongkong, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Yunita Kancak adalah salah satu anggota kelompok pengerajin anyaman “Tujuh Dara” yang merupakan dampingan Yayasan Riak Bumi. Kancak memperagakan dan mengajari bagaimana cara membuat anyaman tikar bemban di depan pengunjung.

Pada kesempatan itu Valentinus Heri dari Yayasan Riak Bumi menjadi salah satu peserta yang mempresentasikan kepada pengunjung tentang sejarah anyaman tikar motif bemban dan mengapa suku Iban menganyam bemban.

Tikar bemban ini oleh Borneo Chic kemudian dibuat menjadi produk jadi yang lebih fungsional seperti tas, dompet, tempat menyimpan koin, kartu nama dan lainnya yang menarik.

Hal ini dalam rangka menjaga kekayaan seni budaya Indonesia yang selaras dengan pelestarian alam dan pendapatan alternatif ekonomi bagi masyarakat di sekitar hutan.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram