Pelatihan Pengembangan Budidaya Madu Lebah Hutan Di Bangka

penulis : Hermato

Pelatihan pengembangan budidaya madu hutan liar diinisiasi atas kerja sama antara Sinarmas dalam hal ini dengan PT. Bumi Permai Lestari dan Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) yang dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai dengan 7 Oktober 2022 bertempat di Desa Dendang Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Adapun pelatihan yang diberikan oleh JMHI yaitu teknik panen madu hutan lestari, teknik paska panen yang higienis, pengembangan produk turunan yaitu bee pollen, pengemasan produk madu hutan, strategi pemasaran online dan offline, perencanaan bisnis (bussiness plan) dan penguatan kelompok petani madu hutan. Dalam pelatihan ini dihadiri oleh petani madu dari Dusun Belit dan Dusun Dendang Desa Dendang.

Dalam pelatihan ini juga dilaksanakan praktek lapangan langsung panen madu hutan secara lestari dan paska panen secara higienis.

Selain itu juga praktik pengolahan bee bread atau bee pollen dengan pemanasan menggunakan oven food dehydrator milik SMK di Kecamatan Kelapa.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram