Kunjungan Belajar Tengkawang Bengkayang

penulis: Hermanto

Pada tanggal 9 – 10 November 2022 kelompok petani Tengkawang dari Desa Sungai Ajung, Desa Labian, Desa Mensiau dan Desa Labian Ira’ang di Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, Simpul Jaringan Tengkawang Kabupaten Kapuas Hulu, GIZ dan Yayasan Riak Bumi melakukan kunjungang belajar mengenai pengelolaan dan perniagaan Tengkawang yang dilakukan oleh Koperasi Tengkawang Layar di Desa Sahan Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang.

Tujuan dari kunjungan belajar ini adalah untuk Untuk mendukung terjadinya saling belajar dan berbagi pengetahuan dan informasi antar masyarakat terkait pengelolaan tengkawang ditingkat hulu dan hilir. Untuk mendukung kegiatan berbagi pengalaman dan pengetahuan yang akan bermanfaat untuk digunakan dalam penyusunan Standard Operasional Prosedur untuk hal terkait pengumpulan buah, pemeliharaan buah, pengolahan buah, pembuatan produk turunan dan branding produk.

Untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi dalam penguatan organisasi atau kelembagaan di tingkat masyarakat yang berfokus pada pengelolaan tengkawang. Untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi dalam pelaksanaan mekanisme perizinan dan sertifikasi untuk mendukung pemasaran produk turunan tengkawang.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 9 – 10 November 2022 dimana para peserta melihat secara langsung proses penjemuran Tengkawang, proses produksi dari biji kering menjadi mentega dan pembuatan produk turunan berupa ice cream dan pizza yang salah satu bahan pembuatannya dari minyak Tengkawang.

Selain itu para peserta juga mengunjungi hutan adat Pikul yang mana sudah mendapatkan surat keputusan dari negara

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram